Mengenal Sifat-sifat Allah SWT.


Untuk memperkuat keimanan kepada Allah SWT. salah satunya adalah dengan kita mengetahui sifat-sifat yang Allah SWT. mimiliki, karena dengan kita mempelajari sifat-sifat yang Allah SWT. Miliki, kita bisa memperkuat iman dengan meningkatkan kepercayaan kita terhadap sifat-sifat yang Allah SWT. miliki.

A. Sifat Wajib bagi Allah SWT.

Sifat wajib bagi Allah artinya sifat yang pasti ada yang dimiliki oleh Allah SWT. Jumlah sifat wajib bagi Allah SWT. ada 20, yaitu:
  1. Wujud artinya Ada, maksudnya adalah Allah SWT. Sudah ada tidak beranak dan tidak pula diperanakan, Allah SWT. Itu dzat yang ada tanpa adanya perantara.
  2. Qidam artinya Dahulu, maksudnya adalah Allah SWT. Tidak suatu pun yang mendahului-Nya .
  3. Baqa' artinya Kekal, maksudnya adalah Allah SWT. Itu kekal selama-lamanya tidak ada awal dan tidak ada akhir.
  4. Mukhalafatul Lilhawaditsi artinya Berbeda maksudnya adalah Allah SWT. Sebagai pencipta segala sesuatu berbeda dengan makhluk yang diciptakan-Nya.
  5. Qiyamuhu binafshihi artinya berdiri sendiri, maksudnya adalah Allah SWT. Tidak perlu bantuan atau pertolongan makhluk-Nya dalam menciptakan alam semesta ini.
  6. Wahdaniyyat artinya Maha Esa, maksudnya adalah Allah SWT. Itu satu, tidak ada yang menyamai-Nya baik dalam zat, maupun sifat sifat dan perbuatan-Nya.
  7. Qudrat artinya Berkuasa, maksudnya adalah Allah SWT. Berkuasa menciptakan, memindahkan, menghidupkan, atau mematikan segala sesuatu.
  8. Iradat artinya Berkehendak, maksudnya adalah Allah SWT. Cepat menghendaki segala sesuatu yang akan terjadi dan tidak ada yang memaksa yang mencampuri-Nya.
  9. Ilmu artinya Mengetahui, maksudnya adalah Allah SWT. Mengetahui segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini.
  10. Hayat artinya Hidup, maksudnya adalah Allah SWT. Itu hidup selama-lamanya dan pada akhirnya.
  11. Sama' artinya Mendengar, maksudnya adalah Allah SWT. Mendengar segala sesuatu, baik yang diucapkan dengan lisan maupun yang masih ada di dalam hati.
  12. Bashar artinya Melihat, maksudnya adalah Allah SWT. Melihat segala sesuatu, baik yang tampak maupun yang tersembunyi.
  13. Kalam artinya Berbicara/Berfirman, maksudnya adalah Allah SWT. Berfirman kepada sebagai makhluk-Nya dan firman Allah SWT. Tersusun dengan bahasa yang rapi dalam kitab-kitab-Nya.
  14. Kaunuhu Qodiron artinya Maha Berkuasa, maksudnya adalah Allah SWT. Memiliki semua kekuasaan atas segala sesuatu di seluruh alam ini.
  15. Kaunuhu Muridan artinya Maha Berkehendak, artinya Allah SWT. Maha berkehendak atas segala sesuatu yang ada di alam semesta ini.
  16. Kaunuhu 'aliman artinya Maha Mengetahui, seni adalah Allah SWT. Sangat mengetahui dan sangat teliti akan apa yang terjadi di alam semesta ini.
  17. Kaunuhu Hayyan artinya Maha Hidup, maksudnya adalah Allah SWT. Menghidupkan dan ialah yang memberikan kehidupan bagi semua makhlukNya.
  18. Kaunuhu Sami'an artinya Maha Mendengar, artinya adalah Allah SWT. Nah mendengar atas segala sesuatu yang disuarakan oleh makhluk-Nya.
  19. Kaunuhu Bashiron artinya Maha Melihat, artinya Allah SWT. Maha Melihat atas segala sesuatu yang terjadi pada makhluk Nya di manapun kapanpun walaupun saat bersembunyi.
  20. Kaunuhu Mutakalliman artinya Maha Berfirman, maksudnya adalah Allah SWT. Maha berfirman atas semua makhluk yang diciptakan-Nya.
Sifat-sifat Diatas dikelompokkan Menjadi 4 bagian, yaitu:
  1. Sifat Nafsiyah, artinya sifat yang dapat membuktikan Dzat Allah SWT. (Sifat diri) yang termasuk sifat ini adalah sifat wujud.
  2. Sifat Shalbiyah, sifat yang tidak menerima sifat yang tidak layak bagi Allah (sifat yang meniadakan) termasuk sifat ini adalah sifat bidang, baqa', mukhalafatu Lilhawaditsi, qiyamuhu binafshihi, dan Wahdaniyyat.
  3. Sifat Ma'ani artinya sifat yang memastikan bahwa yang disifati pasti bersifat dengan sifat tersebut. Yang termasuk sifat ini adalah sifat qudrat, irodat, ilmu, hayat, sama', Bashar, dan kalam.
  4. Sifat Ma'nawiyah artinya sifat yang membuktikan sifat ma'ani. Yang termasuk sifat ini adalah kaunuhu qadiran, kaunuhu Muridan, kaunuhu 'aliman, kaunuhu Hayyan, kaunuhu samii'an, kaunuhu Bashiron, dan kaunuhu Mutakalliman.

B. Sifat Mustahil bagi Allah SWT.

Sifat mustahil bagi Allah artinya sifat yang tidak mungkin ada data tidak mungkin dimiliki oleh Allah SWT. Jumlah sifat mustahil bagi Allah SWT itu ada 20, yaitu: 
  1. Adam artinya tidak Ada, maksudnya adalah bahwa mustahil Allah SWT. Itu tidak ada, karena adanya alam ini menunjukkan ada yang menciptakan yaitu Allah SWT. Ada merupakan lawan dari sifat wujud.
  2. Hudus artinya Baru, maksudnya adalah bahwa mustahil Allah SWT. Itu baru, karena Allah SWT. Sebagai pencipta tentu lebih dahulu adanya daripada yang diciptakan. hudus lawan dari sifat Qidam.
  3. Fana artinya Rusak, maksudnya adalah bahwa mustahil Allah SWT. Itu rusak, karena Allah SWT itu kekal dan abadi selama-lamanya. Fana lawan dari sifat baqa.
  4. Mumaatsalatu lilhawaaditsi artinya sama dengan makhluk, maksudnya adalah Bahwa mustahil Allah SWT. itu seperti makhluk, karena Allah SWT. berbeda dengan makhluk dalam segala hal Mumaatsalatu lilhawaditsilawan dari sifat mukhaalafatu lilhawaaditsi.
  5. Qiyaamuhubighairihi artinya berdiri atas bantuan orang lain, maksudnya adalah Bahwa mustahil Allah SWT itu minta bantuan kepada makhluk-Nya, karena Allah SWT sebagai pencipta tidak memerlukan bantuan atas pertolongan dari makhluk-Nya. Sifat ini disebut juga Ihtiyaaju lighairihi (butuh kepada orang lain). Qiyaamuhubighairihi lawan dari sifat Qiyaamuhubinafsihi 
  6. Taaddud artinya berbilang, maksudnya adalah Bahwa mustahil Allah SWT. itu berbilang. karena Allah SWT. Maha Esa baik dalam Dzat, sifat maupun perbuatan-Nya. Ta'addud lawan dari sifat wahdaniyah.
  7. Ajzun artinya lemah, maksudnya adalah Allah SWT Maha Kuasa atas Bahwa mustahil Allah SWT. itu lemah, karena segala sesuatu. 'Ajzun lawan dari sifat qudrah.
  8. Karaahah artinya terpaksa, maksudnya adalah karena Allah SWT Maha Bahwa mustahil Allah SWT itu terpaksa, dari sifatiradah Berkehendak atas segalasesuatu Karaahah lawan 
  9. Jahlun artinya bodoh, artinya adalah bahwa mustahil Allah SWT. Maha Mengetahui Bahwa mustahil Allah SWT itu bodoh, karena Allah segala sesuatu yang terjadi dan yang akan teradi. Jahlun lawan dari sifat ilmu 
  10. Mayyit atau Maut artinya mati, maksudnya adalah bahwa Allah SWT. MahaHidup selama- Bahwa mustahil Allah SWT. itu mati, karena Allah maha hidup selama-lamanya. Maut lawan dari sifat hayat 
  11. Shummunatau al-Asham artinya tuli, maksudnya adalah Allah SWT. Maha Mendengar Bahwa mustahil Allah SWT. itu tuli, karena segala sesuatu yang disuarakan makhluk-Nya. Shummun atau al-Asham lawan dari sifat sama 
  12. Umyun atau al-A'ma artinya buta, maksudnya adalah Bahwa mustahil Allah SWT. itu buta, karena Allah SWT Maha Melihat segala sesuatu yang teriadi pada makhluk-Nya. Umyun atau al-Ama lawan dari sifat bashar 
  13. Bukmun atau al-Bukmu artinya bisu Bahwa mustahil Allah SWT. itu bisu, karena Allah SWT. Maha Berfirman atas semua makhluk-Nya. Bukmunatau al-Bukmulawan dari sifat kalam.
  14. Kaunuhu Aajizan artinya yang lemah, Lawan dari sifat ini ialah Kaunuhu Qaadiron.
  15. Kaunuhu Kaarihan artinya yang terpaksa, Lawan dari sifat ini ialah Kaunuhu Muridan.
  16. Kaunuhu Jaahilan artinya yang bodoh. Lawan dari sifat ini ialah Kaunuhu "Aaliman. 
  17. Kaunuhu Mayyitan artinya yang mati. Lawan dari sifat ini ialah Kaunuhu Hayyan.
  18. Kaunuhu Asham artinya yang tuli. Lawan dari sifat ini ialah Kaunuhu Samiran.
  19. Kaunuhu Amian artinya yang buta. Lawan dari sifat ini ialah Kaunuhu Bashiiron.
  20. Kaunuhu Abkaman artinya yang bisu. Lawan dari sifat ini ialah Kaunuhu utakallinnan.

C. Sifat Jaiz bagi Allah SWT.

Sifat jaiz bagi Allah SWT. artinya sifat kebebasan Allah SWT. untuk berbuat atau tidak berbuat terhadap sesuatu. Sifat jaiz bagi Allah SWT. adalah Fi'lu Kulli Mumkinin AuTarkuhu artinya Allah boleh mengeriakan sesuatu atau boleh pula tidak mengerjakan sesuatu.

Dengan kita mengetahui berbagai macam Sifat-sifat Allah SWT. Insya Allah Iman kita bisa meningkat, kepercayaan kita semakin kuat dan teguh untuk melaksanakan segala apa yang di Perintahkan-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar