Fungsi dan Peranan Pancasila


Pancasila merupakan pedoman, pondasi, atau landasan kehidupan bangsa dan Pancasila menjadi dasar, landasan, juga pondasi berdirinya negara kita sehingga saat kita melakukan sesuatu kita tidak terlepas dengan yang namanya Pancasila oleh karena itu Mari kita telaah Apa fungsi dan peranan Pancasila di kehidupan bangsa ini.

1. Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia

Setiap bangsa punya jiwa, dalam hal ini pancasila menjadi jiwa bangsa Indonesia. Karena pancasila telah ada sejak bangsa Indonesia lahir ya itu siap proklamasi kemerdekaan.

2. Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia

Pancasila berfungsi sebagai hal yang memberikan corak khas bangsa Indonesia, dan menjadikan pembeda dengan negara yang lain.

3. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum

Berfungsi sebagai sumber hukum yang mengatur segala hukum yang berlaku di Indonesia. Semua hukum harus tunduk dan bersumber dari Pancasila, dan tidak boleh bertentangan dengan Pancasila. Di setiap sila pancasila merupakan nilai dasar, sedangkan hukum merupakan nilai instrumental atau penjabaran dari nilai dasar.

4. Pancasila sebagai perjanjian luhur

Pancasila sebagai perjanjian luhur maksudnya berfungsi sebagai sumber hukum dan disepakati PPKI yang mewakili rakyat.

5. Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia

Dibentuknya Pancasila ada untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur juga Sejahtera.

6. Pancasila sebagai satu-satunya asas dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Asas adalah sebagian konsekuensi ditetapkannya Pancasila oleh bangsa Indonesia sebagai dasar negara juga merupakan perwujudan melaksanakan Pancasila murni dan konsekuen.

7. Pancasila sebagai moral Pembangunan

Pancasila dijadikan kerangka, acuan, tolak ukur, barometer, arah, dan tujuan pembangunan.

Dengan fungsi-fungsi Pancasila Itulah kita bisa menjadi dari bahwa Pancasila menjadi dasar negara ini Tidak sembarangan dan juga sudah memenuhi nilai-nilai perwujudan dan keinginan untuk menciptakan masyarakat yang adil dan makmur serta Sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar